Friday, September 20, 2024
HomeUncategorizedMakna Filosofis Kerbau Maskot Pilkada Dompu

Makna Filosofis Kerbau Maskot Pilkada Dompu

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat Tahun 2024 yang dikerjakan oleh KPUD Dompu, Sabtu (25/5/2024) tadi malam sekaligus dirangkaikan dengan peluncuran Maskot dan Jingle Pilkada.

Acara launching Pilkada merupakan gong level cara kerja Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sudah diawali. Maskot Pilkada Dompu merupakan Kerbau. Maskot ini ditetapkan oleh KPUD Dompu sesudah membuka sayembara bulan April kemarin.

Sesudah via beberapa cara kerja dan penjurian yang dibantu praktisi adat istiadat dan Dinas Budpar Dompu. Kesudahannya juri memastikan jawara sayembara Maskot dan Jingle Pilkada Serentak 2024, Kabupaten Dompu.

Kampiun Maskot jatuh terhadap M. Indermawan. Meski pembuatan Jingle dimenangkan Muhammad Rafli.

Ketua KPUD Dompu Arif Rahman kemukakan, Maskot dan Jingle Pilkada serentak 2024 patut mengandung elemen Dompu, mengandung kearifan lokal dan mengarah pada Ma Nggini, Ma Taroa dan Ma Nggari,”

\\”Ma Nggini, Ma Taroa, Ma Nggari merupakan landasan budi pekerti cara kerja Pilkada di Dompu 2024 dalam roh kearifan https://www.kicksonetwo.com/ lokal untuk mewujudkan kedaulatan rakyat,\\” tandas Arif disela jeda aktivitas launching Pilkada.

Perihal Maskot Pilkada Dompu

Kerbau, menjadi maskot yang dipilih oleh KPUD Dompu, Nusa Tenggara Barat untuk Pilkada serentak 2024.

Penetapan Kerbau sebagai maskot Pilkada 2024 sesudah KPUD mengadakan lomba pembuatan maskot dan jingle bulan April lalu.

Sesudah via beberapa cara kerja dan penjurian yang dibantu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dan praktisi adat istiadat, tim juri menjatuhkan opsinya sebagai jawara pertama merupakan Kerbau, maskot yang dirancang oleh M. Indermawan.

Oleh jawara, maskot ini dibalut dengan Muna Pa’a (kerajinan tenun orisinil Dompu) dan Sambolo (Ikat Kepala suku Dompu). Desainnya memenuhi persyaratan sayembara yang mengandung makna Ma Nggini, Ma Taroa dan Ma Nggari.

Sebagaimana yang dikatakan ketua KPUD Dompu Arif Rahman, bahwa maskot Pilkada serentak 2024 patut mengandung elemen Dompu, mengandung kearifan lokal dan mengarah pada Ma Nggini, Ma Taroa dan Ma Nggari sebagai landasan budi pekerti mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bingkai kebudayaan.

Kerbau merupakan binatang endemik yang sudah ada sejak ratusan tahun silam di Dompu dan jumlahnya betul-betul banyak. Binatang ini menjadi salah satu tolak ukur status ekonomi masyarakat.

Makna Filosofis Kerbau
Lalu apa makna filosofis Kerbau yang tersirat menurut sang desainer?

M. Indermawan, jawara sayembara maskot Pilkada, kemukakan, dipilihnya Kerbau sebagai maskot Pilkada Dompu karena binatang ini merupakan binatang yang dapat beradaptasi dengan alam sekitar.

Kecuali itu, Kerbau merupakan binatang pekerja keras karena selama ini biasa digunakan untuk menggarap sawah sebelum adanya mesin traktor. Dan selalu dapat diterima dengan klasifikasi kerbau yang lain. Disamping itu, kerbau menyukai mendinginkan badannya dengan metode berendam di lumpur,” terangnya, Pekan (26/5/2024).

Inder berharap, Pilkada serentak 2024 di Dompu, akan mewujudkan pemimpin yang kuat, dapat diterima dan dapat masuk ke seluruh klasifikasi dengan membawa kesegaran.

Dijelaskannya, maskot yang dilombakannya dibaluti tenunan Muna Pa’a, artinya menggambarkan salah satu identitas masyarakat dan adat istiadat Dompu. Karena, tenunan motif Muna Pa’a, merupakan tenunan ciri khas Dompu, dan sudah mendapatkan pengakuan Warisan Tradisi Tidak Benda.

Kemudian, Kerbau diikatkan dengan ikatan kepala Sambolo. Sambolo menggambarkan ciri khas Tradisi Dompu, yang bentuknya berbeda dengan sambolo tempat lain.

“Desain Maskot ini, semoga membawa keinginan besar bagi tanah Nggahi Pahu yang akan mewujudkan pemimpin Dompu dalam membawa Dompu lebih bagus,” harap dia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments